KISAH LEGENDA KULINER NUSANTARA

23 May 2011

Kisah Legenda Kuliner Nusantara. Kisah Legenda Kuliner Nusantara Festival Jajanan Bango adalah atraksi kuliner dan jajanan asli Indonesia. Kisah Legenda Kuliner Nusantara adalah tema untuk tahun 2011 ini dan sebuah garapan dari Kecap Bango sebagai misi sosialnya untuk melestarikan warisan kuliner negeri sendiri. Kisah Legenda Kuliner Nusantara dipilih sebagai tema Festival Jajanan Bango 2011 dengan harapan kuliner yang menjadi ciri khas nusantara tidak hilang dengan kemajuan jaman. Festival Jajanan bango 2011 akan dilaksanakan di 5 kota yang berbeda dari tahun 2010 yang lalu. Dan kelima kota yang beruntung dikunjungi Festival Jajanan Bango 2011 adalah kota Bekasi, Depok, Sidoarjo, Kediri dan Malang. Kelima kota ini dipilih dengan penuh pertimbangan karena mempunyai kuliner yang telah melegenda. Kecap Bango kembali menghadirkan dan menanamkan kecintaan akan masakan warisan budaya nusantara kepada masyarakat. Kecap Bango memberikan apresiasi yang tinggi bagi para legenda dan ahli dalam kuliner nusantara, tema menarik tahun ini merupakan bentuk mitra setia dan sumber inspirasi bagi Kecap Bango untuk mengenalkan kembali sajian nusantara ke masyarakat. Kecap Bango memberikan kontribusi nyata dalam pewarisan legenda kuliner warisan nusantara dimana Festival Jajanan Bango (FJB) yang tahun ini telah memasuki tahun yang ke-7. Kemarin tanggal 14 Mei 2011tepatnya Festival Jajanan Bango hadir di kota Sidoarjo, rame banget dengan aneka masakan kuliner berbagai daerah dan ada pertunjukan kembang apinya lagi. Kebetulan acaranya dekat dengan rumah di Sidoarjo yaitu di GOR Sidoarjo. Yang bikin puas adalah menu Brongkos Daging Ibu Suprih Yogyakarta, bukan yang lain nggak menarik lho tapi memang belum sempat mencicipi semua hidangan. Nah kalau anda mau datang ke FJB 2011 siap-siap dengan perut kosong, karena aneka menunya saja bikin menggoda.

Kisah Legenda Kuliner Nusantara
Festival Jajanan Bango 2011 - DEPOK

[kml_flashembed movie="http://www.youtube.com/v/G7NJOfLk6TM" width="425" height="350" wmode="transparent" /]

Nah kali ini saya akan menyajikan cerita kuliner nusantara yang telah melegenda di Surabaya: Sate Buntel Karangmenjangan

Kebetulan sekali dulu saya kuliah di FK UNAIR dan praktek Co-Assistensi di RSU Dr. Soetomo Surabaya, sebagai mahasiswa tentunya di sela-sela setelah menjalani penatnya aktivitas rumah sakit saya dan teman-teman sering berjalan-jalan untuk mencari makan. Tak jauh memang dari RSU Dr. Soetomo, tepatnya diseberang jalan belakang rumah sakit terdapat Depot Karmen 29. Depot Karmen 29 ini terdapat menu yang bikin perut keroncongan. Yap, Sate Buntel (Sate yang dibungkus-Jawa) adalah menu andalan Depot Karmen 29 yang sangat jelas dengan tulisan di spanduk merah tepat diatas pintu masuk. Tempatnya enak, luas dengan sajian Sate yang luar biasa. Dan anda harus menunggu sajian ini dengan bersabar karena Sate ini memang membutuhkan waktu untuk menyajikannnya. Sate Buntel merupakan sate kambing yang dimasukkan kulit lemak kambing, sehingga rasanya tidak berkurang sedikit pun. Olahan daging kambing yang satu ini memang spesial. Pertama karena ukuran satenya yang terbilang super gede juga teknik memasaknya pun tidak biasa. Buntelan sate ini dibakar dulu setengah matang di atas arang dengan kipas tangan (bukan kipas mesin) secara manual. Setelah permukaan kulit sate mulai terlihat matang, beberapa kali sate terlihat disayat dan dicelup-celupkan ke bumbu Kecap Bango. Prosesi pencelupan sate ke bumbu Kecap Bango diulangi beberapa kali hingga sate buntel matang sempurna. Hasilnya? bentuk cincangan daging tidak pecah, tapi bumbu terasa merasuk sampai ke dalam. Sebuah pentungan yang dahsyat, mengenyangkan. Plus lagi daging cincang itu dilapisi kulit dari lemak kambing yang gurih, wuih! Nikmat. Dan perlu diketahui, bahwa untuk proses pemanggangannya pun kita tidak sembarangan. Dengan menggunakan arang khusus dari Jawa Tengah agar arang tidak padam berupa arang kayu asam. Bagi Anda yang selama ini memiliki kolesterol lebih sebaiknya tidak mencoba dulu sate buntel karena kandungan kolesterol lumayan tinggi, anda juga harus mengkombinasi dengan menu makanan berupa sayur dan buah-buahan. Di Surabaya, sate buntel hanya bisa dinikmati di jalan Karangmenjangan 29. Lokasinya deket dan nggak begitu jauh dari rumah sakit dr. Soetomo dan kampus Universitas Airlangga.

Sate Buntel adalah salah satu rasa kuliner nusantara yang mempunyai ciri khas berbeda dan kuliner istimewa lain pasti dimiliki setiap daerah di nusantara dan menjadi warisan budaya yang tidak ternilai. Yuk bersiap-siap mengunjungi FJB tahun 2011 di kota Bekasi, Depok, Sidoarjo, Kediri dan Malang.

Ayo Ramaikan Gaung Kenikmatan Legenda Kuliner Nusantara.

Bersama Bango, mari kita lestarikan warisan kuliner Nusantara

Kisah Legenda Kuliner Nusantara

W3 Directory - the World Wide Web Directory


TAGS


-

Author

Follow Me